Rabu, 06 Mei 2009

Keimanan Manusia

KEIMANAN MANUSIA

Shalat subuh merupakan sebuah jati diri dari seorang manusia muslim, hakikat manusia akan terlihat dari aktifitas ia dalam melakakan shalat, seorang manusia bisa dikatakan mempunyai sikap yang baik apabila ia sudah menjaga dengan baik shalat subuhnya.sekarang ini lagi ramai-ramainya caleg legeslatif yang hendak duduk disinggasana pemerintahan Negara kesatuan republic Indonesia, kita bisa melihat watak yang baik dari seorang caleg apabila ia rajin dalam melakukan sahalat subuh. Orang yang perlu kita percaya memimpin negeri harapan kita adalah orang yang mampu untuk mejaga shalat subuhnya, umat yang menjaga shalat subuh secara berjamaah adalah umat yang berhak untuktegak kokoh di muka bumi, shalat subuh merupakan sebuah standar dari keimanan seorang muslim dan muslimah, dan ujian terhadap kejujuran seorang manusia, orang yang tidak melaksanakan shalat subuh bisa diartikan orang yang munafik karena ia tidak mampu untuk melewati ujian dari Allah, karena sesungguhnya shalat subuh merupakan ujian. Pernah salah seorang penguasa yahudi, mengatakan bahwa mereka tidak takut dengan orang Islam kecuali pada satu hal. Ialah bila jumlah jamaah shalat subuh mencapai jumlah jamaah dari shalat jumat.

Jadi pegitu pentingnya shalat subuh sampai-sampai ada hadis yang menyatakan bahwa :

إِنَّ أَثْقَلَ صَلاَةٍ عَلَى الْمُنَافِقِيْنَ صَلآَةَ الْعِشَاءِ وَصَلآَةَ الَفَجْرِ، وَلَوْ يَعْلَمُوْنَ مَا فِيْهِمَا لأَتَوْهُمَا وَلَوْحَبْوًا،

Artinya : sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekirannya mereka mengetahui apa yang terkandung didalamnya, niscaya mereka akan mendatangin keduanya sekalipun dengan merangkak. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Apasih sebenarnya dibalik misteri shalat subuh, berikut merupakan kelebihan shalat subuh jika dibandingkan dari shalat-shalat wajib yang lain :

1. Pahala tanpa batas

Diberikan padanya kebaikan yang banyak,dihapus segala kejelekannya, ditinggikan beberapa derajat kedudukannya, malaikat berdoa baginya, dan beberapa balasasn yang lain yang didapatkan orang yang berjama`ah pada umumnya.

2. Pahala shalat satu malam penuh

“ barang siapa shalat isya berjamaah maka seakan-akan ia telah shalat setengah malam. Dan barang siapa shalat subuh berjamaah (atau dengan shalat isya seperti yang tertera dalam hadist Abu Daud dan Tirmidzi) maka ia seakan-akan dia telah melaksanakan shala satu malam penuh” (HR.Muslim)

3. Sumber cahaya di hari kiamat

Shalat subuh merupak sumber dari dari segala sumber cahaya di hari kiamat. Dihari itu sumber cahaya di dunia padam. Matahari akan digulung dan binatang binatang pun berjatuhan, sebagai firman Allah Qs. At Takwir : 1-2 berikut :

إِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ۞ وَإِذَا النُّجُومُ انْكَدَرَتْ۞

Artinya: apabila matahari digulung. Dan apabila binatang-binatang berjatuhan

4. Surga yang dijanjikan

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ۞

Artinya: barang siapa yang shalat dua rakaat yang dingin maka akan masuk surge (HR. Bukhari) diriwatkan dari Abu Musa Al-Asy1ari.

5. Melihat Allah

Rasulullah telah mengambarkannya kepad a kita dengan jawabannya. Ya di sana ada yang lebih tinggi dari sekedar surge. Yaitu melihat Allah di surga. Pemberian yang sangat besar. Hadiah yang begitu agung dan pahala yang berlipat ganda bersama pahala yang lain.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Jabir bin Abdullah, yantg artinya : kami sedang duduk bersama Rasulullah, ketika melihat bulan purnama beliau berkata, ‘sungguh kalian akan melihatRabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan yang tidak terhalang dalam melihatnya.

6. Siksa pedih bagi yang meninggalkannya

Meninggalkan shalat merupakan dosa yang besar dan musibah yang tiada tara. Shalat menjadi amalan manusia pertama yang dihisab pada hari kiamat, jika shalatnya baik, maka baik pula seluruh amalnya, dan kalau jelek. Maka jeleklah seluruh amalnya.

7. Shalat sunah yang lebih mulia dari segala dari pada dunia dan seisinya

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim :

رَكْعَتَاالْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا ومَا فِيْهَا۞

Artinya: dua rakaat fajar (shalat sunnah sebelum fajar) lebih baik dari dunia dan seisinya (HR. Muslim)

8. Waktu yang menjadi saksi

Allah mengagungkan shalat subuh di dalam al quran, ia tidak pernah bersumpah dalam kitabnya dengan waktu shalat kecuali shalat subuh dan ashar Allah berfirman:

وَالْفَجْرِ ۞ وَلَيَالٍ عَشْرٍ۞

Artinya: demi fajar, dan malam yang sepuluh (Qs. Al-Fajr 1-2)

9. Selalu dalam lindungan Allah

Anda akan merasa percaya diri pada hari yang dimulai dengan shalat subuh. Anda akan merasa lebih tegar menghadapi ujian dan cobaan , anda akan selalu dalam lindungan raja dari semua raja yang menciptakan segala kehidupan. Dua rakaat inilah yang menguatkan kebenaran hati dan mengokohkan iman, oleh sebab itulah Allah berfirman :

إِنَّ اللهَ يُدَافِعُ عَنِ الَّذِينَ ءَامَنُوا إِنَّ اللهَ لاَيُحِبُّ كُلَّ خَوَّانٍ كَفُور۞

Artinya : sesungguhnya Allah membela orang-orang yang telah beriman, susungguhnya Allah tidak menyukai tiap-tiap orang yang berkhianat lagi mengingkari nikmat (QS. Al-Hajj : 38)

10. Sumbernya ilmu dan iman

Shalat subuh menjadi salah satu sarana yang sangat penting dalam tarbiyah, karena shalat subuh merupakan saat-saat ketika hati dan pikiran sedang jernih. Bahkan malaikat juga turut menjadi saksi bagi orang-orang yang berada dalam rumah Allah dan membicarakan Kalam Illahi. Sementara para hadirin adalah orang-orang yang benar-benar beriman. Sungguh ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk menanamkan aqidah, akhlak, dan fikih.

11. Pahala Haji dan Umroh

مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِيْ جَمَا عَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللهُ حَتَّى تَطْلَعَ الشَّمْسَ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَا نَتْ لََََََََََهُ كَأَجْرٍ حُجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَّةً تَامَّةً تَامَّةً ۞

Artinya : “barang siapa yang mengerjakan shalat subuh dengan berjama`ah kemudian duduk berzizkir kepada Allah hingga terbit matahari, kemudian shalat dua raka`at, maka baginya seperti pahala haji dan umrah yang ditunaikan dengan sempurna….. dengan sempurna…. dengan sempurna! (HR. At-Tirmidzi)

12. Penghapus dosa dari setengah usia

Shalat subuh menjadi pengahapus dosa setengah hari, dan shalat-shalat yang lain menjadi penghapus separuh harinya lagi, artinya shalat subuh menjadi penghapus dosa setengah umur bagi yang selalu mengerjakannya, dan shalat-shalat yang lain menjadi penghapus separuh umurnya lagi. Itu akan terjadi bila ia menjauhi dosa-dosa besar. Keutamaan yang sangat besar dan tidak bisa untuk diukur.

13. Berkah disetiap langkah

Diriwatkan dari Shakr Al-Ghamidi, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda : “ya Allah berkatilah umatku di waktu pagi” (HR. At-Tirmidzi, Abu Dawud, Ahmad, dan Ibnu Majah). Berkah Allah ada dalam segala hal, mulai dari pekerjaan, perdagangan, bercocok tanam, membaca, musafir dan berjihad di jalan Allah.

“setan melilit leher seorang diantara kalian dengan tiga liltan ketika ia tidur. Dengan setiap lilitan setan membisikan, ‘nikmatilah malam yang panjang ini, apabila ia bangun lalu mengingat Allah, maka lepaslah lilitan itu. Apabila ia berwudhu, lepaslah lilitan yang kedua. Kemudian ia shalat,lepaslah liltan yang ketiga, sehingga ia menjadi bersemangat, tetapi kalau tidak, ia akan terbawa lamban dan malas” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tidak ada sarana yang lain demi mengembalikan keberkahan itu kecuali kembali kepada syariat secara sempurna dan memperhatikannya secara rinci. Akhirnya kita harus memanfatkan waktu semaksimal mungkin dari subuh hingga menjelang waktu tidur. Kita memohon kepada Allah untuk memberikan taufik-Nya kepada umat Islam.

2 komentar:

Nazirwan mengatakan...

mantap, terus berjihad

samawat mengatakan...

Blog yang Bagus......
mohon ijin untuk buat link di blog kami pak....
http://starmedian.blogspot.com/

Posting Komentar

 

Ka'bah Night | powered by Blogger | created from Minima retouched by ics - id